Pages

Subscribe:


Sunday, June 16, 2013

JAKARTA DENGAN BANYAK PERMASALAHAN

Jakarta Dengan Banyak Permasalahan

     Jakarta adalah jantung kota. Jakarta adalah tempat mengadu nasib para penduduknya. Jakarta kota metropolitan. Jakarta penuh dengan penduduk yang berurbanisasi. Jakarta pusat keramaian. Begitulah masyarakat mengenal kota Jakarta. Jakarta adalah tempat tinggal saya dan keluarga besar saya, dimana keluarga saya mengadu nasib di kota ini untuk menafkahkan keluarganya. Jakarta adalah tempat yang paling banyak diminati oleh urbanisasi, mereka beranggapan bahwa di Jakarta mudah mendapatkan uang yang banyak dibandingkan mereka tinggal di desa. Jakarta punya banyak cerita bagi warga pendatang. Jakarta pun punya banyak misteri yang belum dapat terselesaikan, misteri tersebut diantaranya kemacetan, kebanjiran, kejahatan dan lain sebagainya. 
 
    Kemacetan yang sering terjadi di kota Jakarta tidak lain karena banyak warga yang terus berdatangan dari desa ke kota, dan juga kepadatan penduduk yang sudah melebihi kapasitas. Kemacetan tersebut terjadi juga karena ulah manusia, karena banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan yang menyebabkan seperempat baku jalan terpakai. Selain itu kemacetan terjadi karena ulah supir angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, padahal di Jakarta sudah banyak halte namun halte tersebut jarang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Kemacetan sudah menjadi hal biasa bagi warga Jakarta karena hampir setiap hari mereka merasakan dampak dari kemacetan tersebut. Namun sekarang pemerintah sudah ikut campur tangan dalam mengatasi kemacetan yaitu dengan membuat bus transjakarta dimana bus transjakarta mempunyai jalur tersendiri. Tapi karena ulah manusia dan ketidaksabaran pengguna jalan maka jalur transjakarta sekarang sudah banyak digunakan oleh pengguna jalan lainnya. Hal ini yang sering membuat bus transjakarta tidak tepat waktu tiba ditempat. Kita pun harus menyadari bahwa mengatasi segala permasalahan Jakarta bukan hanya tugas pemerintah namun kita pun harus ikut membantu dengan mematuhi apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 
 
     Selain permasalahan kemacetan, Jakarta juga mempunyai masalah kebanjiran. Kebanjiran sering terjadi ketika hujan terus menerus membasahi wilayah Jakarta dengan kapasitas yang cukup besar. Banjir ini juga disebabkan oleh ulah manusia, karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan, membuang sampah di kali, membangun rumah di dekat bantaran kali padahal semua itu sudah dilarang tapi karena sifat manusia yang sudah terbiasa maka mereka melanggarnya. Jika warga Jakarta ikut berpartisipasi membantu maka kebanjiran akan teratasi walau dalam sekala yang kecil. Hal kecil tapi sangat bermanfaat untuk keindahan kota Jakarta. Selain permasalahan banjir ada juga persoalan kejahatan. Kejahatan sangat mengkhawatirkan warga Jakarta. Berita-berita terbaru yang mulai mengkhawatirkan warga Jakarta adalah tawuran antar pelajar. Sebab tawuran ini sudah memakan korban, padahal hanya permasalahan yang biasa saja tapi mereka beranggapan ini sebagai hal yang serius. Tawuran antar pelajar terjadi karena seseorang ingin dihormati oleh orang lain dan terlihat seperti jagoan atau pun karena kurangnya perhatian dari kedua orang tuanya.
 
     Inilah wajah besar kota Jakarta. Permasalahan-permasalahan tersebut yang selalu menghiasi kota Jakarta. Padahal kita semua yang tinggal di kota Jakarta menginginkan Jakarta yang bebas macet, banjir dan hidup damai antara satu orang dengan orang lainnya. Mulai sekarang lakukanlah hal kecil namun berefek besar bagi perubahan kota Jakarta kearah yang positif.

0 comments:

Post a Comment