Pages

Subscribe:


Monday, January 20, 2014

Pembahasan dan Ulasan Pembuatan Website dengan Ilmu manajemen proyek dan Ilmu manajemen resiko

BAHASAN                 : Jurnal Jarkom "Keamanan Pada Jaringan World Wide Web
PENULIS                    : Eka Ilaika
PENERBIT                 : Jurnal Ilmu Jaringan Komputer
TAHUN                      : 30 Januari 2013

Abstrak

Website adalah adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dengan website ini adalah :

1. Komunikasi Masyarakat

Komunikasi kepada masyarakat dalam hal ini adalah pihak sekolah dibangun untuk  menganalisis   kebutuhan-kebutuhan dari pihak sekolah.

2. Perencanaan Tugas-tugas

Perencanaan dilakukan untuk mempersiapkan dan mendefinisikan sumber daya , waktu serta tahapan proses. Ini dilakukan oleh pengembang yang dikomunikasikan kepada masyarakat.

3. Analisis resiko

Menganalisis dan mengidentifikasi resiko-resiko yang bisa terjadi baik itu teknis ataupun manajerial jika terjadi kesalahan . Mempersiapkan beberapa rencana untuk  menghadapi beberapa resiko tersebut.

4. Perekayasaan

Perekayasaan disusun oleh pengembang untuk menuliskan tahapan-tahapan atau proses pengembangan website . Disini mulai merepresentasikan masalah menjadi rancangan sistem.

5. Konstruksi dan Peluncuran

Konstruksi (pembuatan) website dilakukan oleh pengembang jika perlu dibantu oleh ahli . Disini dilakukan proses installasi , pengujian serta peluncuran.
Seiring dengan peluncuran maka dilakukan proses pelatihan kepada user dan pelanggan tentang tatacara pemakaian dan hak-hak nya.

6. Evaluasi

Evaluasi direpresentasikan dengan memberikan penilaian secara langsung terhadap website yang sudah diluncurkan ke masyarakat .

Ulasan dari topik di atas adalah :

Secara garis besar Website merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website juga merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam pembuatan Website kita pasti akan menemukan beberapa resiko.

Sementara itu Definisi Resiko

Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian 

Dalam pembuatan website kita akan menemukan resiko-resiko sebagai berikut :

1.Server dimiliki dan dikendalikan oleh organisasi yang mengaku memiliki  server tersebut.  
2.Bila server tidak mencakup kapasitas yang besar, maka akan terjadi full tracking
   atau biasa di sebut server busy, karena banyaknya pengguna yang sedang menggunakan website    
   tersebut
3.Biaya yang sudah keluar untuk membuat website tersebut akan sia-sia jika tidak ada  
   pengunjungnya

Itu adalah sebagian resiko yang akan kalian jumpai pada saat pembuatan website

Untuk itu di perlukannya Ilmu manajemen proyek dan Ilmu manajemen resiko untuk meminimalisir segala kegagalan dalam pembuatan website.

Definisi Manajemen Resiko

Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mengatasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu. Manajemen risiko tradisional terfokus pada risiko-risiko yang timbul oleh penyebab fisik atau legal (seperti bencana alam atau kebakaran, kematian, uang serta tuntutan hukum.


Oke setelah kita sudah menguasai ilmu tersebut, saya akan coba memberikan pembahasannya

Resiko pertama :

1. Server dimiliki dan dikendalikan oleh organisasi yang mengaku memiliki  server tersebut.

#Dalam hal ini sang web master wajib mengontrol atau membatasi akses kepada user-user tertentu. Dalam hal ini, jika seorang pengguna “login” ke web, maka dia adalah pengguna yang benar. itu salah satu alasan kenapa di negara kita ini , hak pencipta harus di patenkan

2. Bila server tidak mencakup kapasitas yang besar, maka akan terjadi full tracking
    atau biasa di sebut server busy, karena banyaknya pengguna yang sedang menggunakan website    
    tersebut.


#Perbanyaklah kapasitas server untuk menampung line trafick yang akan masuk jika ada banyak client yang sedang menikmati jasa website kita
Dan itu tandanya kalian telah berhasil menarik client untuk mengujungi website ada, dan imbasnya , website anda akan populer

3. Biaya yang sudah keluar untuk membuat website tersebut akan sia-sia jika tidak ada  
    pengunjungnya

#Dalam masalah ini sang web master juga dituntut berimajinasi dalam mendesaign, atau merancang website tersebut
mungkin dengan menambahkan gambar, flash, warna, ataupun game yang rata-rata di incar banyak oleh pengunjung agar website anda lebih menarik.  


Dari tadi kita hanya membahas masalah yang akan anda hadapi dalam pembuatan website.

Sekarang waktunya saya akan coba memberikan beberapa info tentang memiliki jasa website 
  1. Publikasi bisnis, jasa dan produk ke jutaan (bahkan miliaran) calon konsumen. Menaikkan penjualan.
  2. Update informasi dengan cepat dan mudah.
  3. Menghemat biaya komunikasi dan administrasi.
  4. Beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari. Edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang anda berikan.
  5. Outlet Perusahaan tambahan di dunia maya. Terima order kapanpun.
  6. Brand Awarness dengan cara iklan di website terkemuka atau dengan tukar link.
  7. Mempermudah klien dalam melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang anda berikan. Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.
  8. Bonafiditas naik. Kartu nama tidak lagi hanya berisi kontak alamat, telepon dan email tapi ditambah dengan alamat website anda.
  9. Resiko kehilangan calon klien atau resiko klien kehilangan informasi dapat lebih ditekan seminim mungkin
  10. Menjalin bisnis dengan partner dari luar negeri
Luar biasa , mungkin nanti anda akan seperti bill gates (google webmaster), atau Mark Zuckerberg (facebook webmaster), yang meraih banyak keuntungan dari pembuatan website tersebut

Kesimpulan :

Kesimpulan yang kita bisa ambil dari ulasan di atas adalah di saat kita hendak atau ingin membuat website, kita harus mempunyai dasar pemrograman, html, java, php dan lain-lain. Jika sudah kita juga harus mengetahui 1 lagi ilmu yang sangat berguna untuk kejayaan web tersebut , yaitu Ilmu manajemen resiko, karena dengan ilmu itu, setidaknya kita dapat meminimalisir segala kesalahan yang akan nanti kita jumpai pada pembuatan website

Beruntung saya kuliah di gunadarma, karena di sana , kampus mengajarkan saya untuk berkembang, dan setelah berkembang kampus juga menawarkan ilmu khusus dalam penanganan masalah yang akan kita jumpai untuk kedepannya.

Sumber : http://ekailaika.blogspot.com/2011/07/contoh-jurnal-jarkom-keamanan-pada.html
               http://id.wikipedia.org/wiki/Risiko
               http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_risiko
               http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
               http://www.corainteraktive.com/pembuatan-website/29-the-products/
               54-10-keuntungan-punya-website

0 comments:

Post a Comment