Pages

Subscribe:


Sunday, June 16, 2013

Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional adalah kondisi hidup dan kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terus-menerus secara sinergi atau suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar  dan Kata ketahanan nasional telah sering kita dengar disurat kabar atau sumber-sumber lainnya. Mungkin juga kita sudah memperoleh gambarannya.
 
SIFAT-SIFAT KETAHANAN NASIONAL

1. Manunggal
    Aspek kehidupan bangsa Indonesia dikelompokkan ke dalam delapan gatra atau astagatra.
2. Mawas ke dalam dan Mawas ke luar
    Ketahanan nasional terutama diarahkan pada diri bangsa dan negara sendiri.
3. Kewibawaan
    Makin meningkatnya pembangunan nasional, akan meningkatkan ketahanan nasional.
4. Berubah menurut Waktu
    Ketahanan nasional, sebagai kondisi bangsa tidak selalu tetap, tergantung dari upaya bangsa 
    dalam pembangunan nasional dari waktu ke waktu dan ketangguhannya menghadapi 
    ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.
 
Sejarah Lahirnya Ketahanan nasional

Konsepsi Ketahanan Nasional memiliki latar belakang sejarah kelahirannya di Indonesia. Gagasan tentang ketahanan nasional bermula pada awal tahun 1960-an pada kalangan militer angkatan darat dari SSKAD
sekarang SESKOAD (Sunardi, 1997). Masa itu addalah sedang meluasnya pengaruh komunisme seperti Laos, Vietnam dan sebagainya yang meluas sampai ke Indonesia.

Ketahanan nasional mempunyai beberapa definisi di antaranya adalah :


1.      Ketahanan Nasional sebagai kondisi : Perspektif ini melihat ketahanan Nasional sebagai suatu penggambaran atas keadaan yang seharusnya dipenuh
2.      Ketahanan Nasional sebagai pendekatan/metode/cara menjalankan suatu kegiatan : Sebagai suatu pendekatan, ketahanan nasional menggambarkan pendekatan yang integaral.
3.      Ketahanan Nasional sebagai doktrin : Ketahanan nasional merupakan salah satu konsepsi khas Indonesia  yang berupa ajaran konseptual tentang pengaturan dan penyelenggaraan bernegara. Sebagai doktrin dasar nasional, konsep ketahanan nasional dimasukkan dalam GBHN agar setiap orang , masyarakat, dan penyelenggara negara menerima dan menjalankannya.

0 comments:

Post a Comment